[Berita Bola] Parma Klub Bernilai Satu Euro!

Parma FC v Olympique de Marseille - Pre-Season Frienldy

 

Agen bola

Di periode 90-an, Parma dikenal sebagai salah satu klub elit Eropa. Namun, kini Parma harus jatuh ke titik terendah dengan hanya bernilai €1

 

 

Saat ini Parma menduduki juru kunci Serie-A Italia. Petaka ini ditengarai utang yang mencapai ratusan juta Euro. Ini mengakibatkan tim berjuluk I Gialloblu terancam bangkrut ke titik terendah. Secera mengenaskannya lagi, mereka kemudian dijual dengan harga yang mengejutkan, senilai €1 (sekitar Rp.14.000), dan telah berganti sebanyak dua kali dalam kurun waktu sebulan!.

Selain itu, tunggakan gaji yang belum juga dilunasi oleh pihak Parma terhadap pasukannya selama enam bulan terakhir. Kondisi inilah yang akhirnya membuat Antonio Cassano, sebagai pemain gaji tertinggi klub menjadi murka dan memilih memutuskan kontrak.

“Sungguh sulit menjelaskan situasi sulit yang sedang mendera Parma. Saya tegaskan sekali lagi, secara teknis kami tak memiliki masalah apapun. Saya bahkan bisa bilang jika kami mampu kembali bersaing memperebutkan tiket ke Eropa. Namun kondisi tak kondusif ini membuat para pemain tak fokus dan kekurangan motivasi ketika berlaga di atas lapangan,” terang sang pelatih, Roberto Donadoni, menjelaskan situasi timnya.

Untuk situasi yang disebut terakhir, Parma diberi tenggat waktu hingga Senin (16/2) esok. Jika tak dapat melunasi upah para pemainnya, maka seluruh anggota skuat berhak merobek kontrak yang sudah tertera. Itu artinya, I Ducali akan berakhir sebagai tim tanpa pemain dan beresiko mengakhiri musim lebih cepat dari 19 tim Serie A lainnya.

Ironi memang jika kita menilik ke belakang. Bagaimana dalam kurun waktu 1991 sampai 2002, saat itu Parma adalah momok bagi klub-klub lainnya. Deretan bintang pun pernah menghiasi, dimulai dari dari Dino Baggio, Faustino Asprilla, Tomas Brolin, Hristo Stoichkov, Fabio Cannavaro, Hernan Crespo, Juan Sebastian Veron, hingga Gianluigi Buffon.

Titik keredupan Parma mulai hadir memasuki akhir 2003. Kala itu perusahaan induk yang menaungi saham mayoritas Parma, Parmalat dinyatakan bangkrut dengan kerugian mencapai €14 miliar. Nominal terbesar dalam sejarah kebangkrutan perusahaan di seantero Eropa.

Terbersit di pikiran kita. Apakah klub yang telah berdiri sejak 1913 ini akan hilang dari peredaran sepakbola modern di masa mendatang. Kita tidak tahu, Semoga saja Parma bisa bangkit kembali ke masa jayanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s